Ada Apa dengan Kopi Jos Di Yogyakarta ? Ini dia Alasannya !

Halo Pecinta Traveling dan kuliner, kali ini admin akan Share artikel mengenai apa sih sebenernya  kopi jos di Yogyakarta ? Sebenarnya Kopi Jos itu adalah salah satu menu istimewa yang disediakan oleh sebuah angkringan Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Buat yang sobat seluruh nusantara Indonesia yang akan berlibur atau akan main ke Daerah Istimewa Yogyakarta berikut ini adalah rekomendasi buat sobat-sobat pecinta traveling, kuliner, & wisata. Silahkan lanjutkan membaca artikel dibawah ini :

Dari Namanya pun  terlihat unik ya, mungkin ada yang seseorang yang menilai bahwasanya kopi jos itu adalah kopi yang sangat jos, hahaha. Tapi tidak dengan demikian. Kopi jos adalah sebuah kopihitam yang rasanya biasa tapi ditambahi dengan bara api khusus agar rasanya menjadi istimewa dan luar biasa.

Gambar 1.0 : Berikut Adalah Gambar Angkringan Kopi Joss DI Yogyakarta.

 Di Daerah Istimewa Yogyakarta, kopi joss ini dicetuskan oleh seseorang yang bernama Lik Man, di salah satu angkringannya yang bernama "Angkringan Lik Man".Angkringan Lik Man merupakan salah satu angkringan legendaris, sebab pedagangnya adalah generasi awal pedagang angkringan di daerah istimewa Yogyakarta yang umumnya berasal dari Klaten. Lik Man yang bernama asli Siswo Raharjo merupakan putra dari Mbah Pairo, pedagang angkringan pertama di Yogyakarta yang berjualan sejak tahun 1950-an. 

Warung berkonsep angkringan yang dulu disebut dengan nama 'ting ting hik' diwariskan kepada Lik Man tahun 1969. Sejak itu, menjamurlah angkringan-angkringan lain. Adapun angkringan Lik Man Ini mulai buka sekitar pukul 18.00 WIB, anda bisa memesan bermacam minuman yang ditawarkan, panas maupun dingin. Dan tidak lupa pula sebagai menu Pilihan/Recomended minuman favorit adalah Kopi Joss, kopi yang disajikan panas dengan diberi arang. Kelebihan kopi itu adalah kadar caffein-nya yang rendah karena dinetralisir oleh arang. Tak usah khawatir itu hanya mitos, sebab Kopi Joss terlahir dari sebuah penelitian mahasiwa Universitas Gadjah Mada yang kebetulan sering nongkrong di Angkringan Lik Man tersebut.


Gambar 1.1 : Gambar diatas adalah contoh dari kopi joss yaitu sebuah kopi hitam yang ditambahkan arang yang masih membara.


Yang tidak pernah ketinggalan ialah Makanan spesial dari angkringan jogja, yapz makanan spesial tersebut adalah nasi kucing atau yang biasanya disebut sebagai "SEGO KUCING".  Mungkin naanya begitu membuat hati kita penasaran, namun tidak juga jika kita benar-benar mengerti apa itu nasi kucing. Nasi kucing tetaplah nasi biasa yang disertai lauk pauk, akan tetapi nasi kucing sendiri itu porsinya tidak seperti porsi-porsi yang ada direstoran ataupun warung makan pada umumnya, dan porsi dari nasi kucing itu pun hanya cukup untuk satu orang saja. Kalo menurut Admin sih satu bungkus untuk satu orang masih kurang sih wkwk :D. Tapi its Okay, harganya nggak terlalu mahal kok, Di tahun 2016 ini admin udah review harganya, dan cukup bervarian juga mulai dari Rp 2.000 s/d Rp 4.000 cukup murah bukan ? Jika disamakan dengan harga restoran bintang 5 harga tersebut itu tidak ada bandingannya :D . biasanya lauk yang ada didalam bungkusan nasi kucing ialah seperti Sambal Teri, Sayur Tempe, Ikan Asin dll.


Gambar 1.2 : Gambar diatas merupakan contoh dari Nasi Kucing atau yang sering disebut dengan "Sego Kucing"


Adapun diangkringan Lik Man ini atau seluruh angkringan yang tersebar diseluruh pelosok Yogyakarta biasanya juga terdapat makanan-makanan istimewa lainnya atau sebagai pelengkapa jajanan angkringan di Yogyakarta seperti Sate Keong, Sate Telor, Tahu Crysphy, Tempe Bacem serta makanan unik-unik lain yang tidak kalah enaknya dari makanan yang mewah, So makan enak nggak harus mewah bukan ? Cukup mampir ke angkringan biasapun itu sudah sangat Tamvan wkwkwk.

Mari berlibur ke Jogja unutk merasakan nuansa dan sebuah aura yang nyaman, Karena dari semboyan yang admin ingat adalah "Djogja Berhati Nyaman".
Nah buat sobat-sobat sekalian yang sedang melakukan interview untuk berwisata ke Daerah Istimewa Yogyakarta, admin rekomendasikan untuk segera datang jangan sampai ketinggalan dengan indahnya suasana & budaya Yogyakarta.

Sekian dari Admin semoga postingan ini bermanfaat buat kalian yang ingin berwisata ke Djogja, Sampai Jumpa. Jangan lupa untuk berlangganan di Blog Ini. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan post komentar kalian, jika admin ada waktu luang, admin usahakan untuk merespons :)


~terimakasih telah berkunjung~  

 
First

2 komentar


EmoticonEmoticon